Renungan Pemuda Kristen Tentang Pergaulan

Renungan Pemuda Kristen Tentang Pergaulan
Lihat: Daftar Isi Renungan


Syalom…
Selamat datang di Renungan Pemuda Kristen. Kali ini saya berbagi renungan firman Tuhan dengan tema "Bijak Dalam Pergaulan".

Bergaul itu boleh-boleh aja, tapi apakah pergaulan mu itu membangun atau tidak. Sedikit kesaksian sebelum saya belajar teologi di Surabaya. Kehidupan saya waktu dikampung sangat kacau sekali karena saya bergaul dengan orang-orang yang tidak membangun. Akhirnya saya terpangaruh dan hilang arah tujuan hidup. Pembelajaran yang bisa saya ambil dari pengalaman saya ini bahwa kita harus hati-hatilah untuk memilih kepada siapa kita harus bergaul.

Benar saudara kalau kita salah memilih teman untuk bergaul resikonya kita sendiri yang tanggung bukan orang lain. Bahkan kalau kita baca dalam kitab Amsal 22:24-25 "Jangan berteman dengan orang yang lekas gusar, jangan bergaul dengan seorang pemarah, supaya engkau jangan menjadi biasa dengan tingkah lakunya dan memasang jerat bagi dirimu". 

Firman Tuhan ini melarang kita untuk berteman kepada orang-orang tidak membangun atau merusak. Tujuannya adalah supaya kepribadianya tidak menjadi bagian gaya hidup kita dan tidak menjadi jerat bagi kita.

Misalkan jika anda bertema dengan orang pecandu narkoba, mungkin awal-awalnya anda menolak dan tidak mau menikmati narkoba. Namun karena  sudah sekian lamanya kamu bergaul dengan dirinya akhirnya terpengaruh juga. 

Paling sederhananya, coba anda perhatikan sekelilingmu misalkan disekolah, dikantor dan lain-lain. Jika seseorang itu bergaul dikumpulan orang-orang terdidik maka gaya hidupnya juga seperti orang terdidik. Namun jika seseorang itu bergaul dengan preman, maka gaya hidupnya seperti preman. Jika saudara bergaul dengan orang-orang fasik maka gaya hidupmu juga seperti orang fasik.

Saya mau mengajak sobat untuk membaca firman Tuhan untuk lebih lagi bijaksana dalam pergaulan yaitu di Mazmur 1:1 "Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut orang fasik, tidak berdiri dijalan orang berdosa dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh". Melalui kebenaran firman Tuhan ini memberitahukan kepada kita sangat bahagiannya orang-orang yang tidak bergaul dengan orang-orang fasik.

Hati-hatilah dalam pergaulanmu, hendaklah kamu bijak dalam pergaulan. Sebab bukan orang lain menanggungnya namun dirimu sendiri yang menanggungnya. TYM…

Baca Selanjutnya..

Posting Komentar

0 Komentar